Tips Lulus CPNS Dengan Kemampuan Sendiri

by - Januari 10, 2020

Career, Road, Away, Way Of Life, Success, Road Sign

Baru-baru ini tes CPNS menjadi hal yang sangat populer, berbagai kalangan job seeker ikut mendaftarkan diri mereka di ajang kontes untuk menjadi ASN tersebut. Tidak hanya fresh graduate, kebanyakan yang sudah bekerja pun pasti juga masih tertarik untuk mencoba peruntungan mereka agar dapat menjadi pegawai negeri sipil. Di sini saya akan beberkan pengalaman saya dimana saya saat saya mendaftarkan diri sebagai CPNS dan lulus di tahapan SKD.


  • Belajar Yang Rutin

    Tentu ini adalah hal yang paling utama, pelajari seluk beluk dan ketahui tetek bengek menjadi ASN. Sehingga anda tidak akan bengong bahkan saat anda sudah menjadi Calon ASN. Lakukan setiap hari jika anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik. Tidak perlu lewat buku saja, anda dapat mencoba metode pembelajaran terbaru yaitu dengan menonton video pembahasan soal, membahas soal bersama teman yang tentunya akan membuat waktu tidak terasa berlalu. Sehingga anda tidak jenuh hanya dengan buku saja.

    • Ketahui Kemampuan Anda Dan Pacu Lagi Untuk Meningkatkannya
    Tes CPNS saat ini terkenal dengan yang namanya sistem passing grade. Ini adalah batasan minimal nilai yang anda perlukan jika anda ingin lulus dan menjadi Calon ASN. Jika anda tidak mencapai nilai yang diperlukan, kemungkinan akan sangat tipis anda akan melaju ke tahap selanjutnya. Oleh karena itu mulailah dengan sering melakukan simulasi dan melihat sebatas apa kemampuan anda dan lihat di bagian apa anda lemah. Tes CPN di tahap SKD terbagi menjadi 3 bagian yaitu: TKP, TWK dan TIU.

    See the source image
    passing grade untuk tes CPNS tahun 2019

    TKP adalah tes kepribadian yang mana anda harus menjawab berbagai macam soal berbentuk pertanyaan yang ingin mengetahui sikap dan tingkah laku anda terhadap lingkungan pekerjaan anda.
    Tips dari saya: Jawablah soal menurut keyakinan anda itu adalah benar dan ingatlah jawaban anda tersebut karena tidak jarang soal akan kembali muncul dengan kata-kata yang berbeda. Kuncinya di sini adalah anda konsisten  dengan pilihan jawaban anda.

    TWK adalah tes kewarganegaraan yang mencakup ilmu sosial dan pengetahuan anda dibidang sejarah, budaya dan kewarganegaraan.
    Tips dari saya: pelajari soal-soal sejarah, ilmu budaya sejak dini sehingga pengetahuan anda lebih luas dalam hal ini. Tidak ada trik khusus melainkan jika anda beruntung dan mempelajari khusus materi yang keluar niscaya nilai anda akan berakhir baik.

    TIU adalah tes intelijensi umum. Di sini tidak lain tetapi ilmu eksak anda yang akan diuji, mulai dari matematika, aljabar sampai ke logika. Tentu jika anda sudah lulus sekolah menengah atas anda sudah pernah mempelajarinya.  Selain deret aritmetika, di sini juga akan muncul soal berbentuk simbol-simbol yang akan menguji daya pemikiran anda dalam menyimpulkan sesuatu.
    Tips dari saya : sering-seringlah berlatih menjawab soal tipe deret, simbol dan gambar. Ketahui segala polanya sehingga anda tidak akan terkejut saat tes nanti. Dalam tes ini kekonsisten-an anda juga akan diuji.


    • Persiapkan Mental Dan Jaga Kesehatan Jauh-Jauh Hari Sebelum Tes Berlangsung 
    Ini adalah hal yang tidak kalah penting dengan yang lainnya. Jika kesehatan anda menurun, performa anda dalam menjawab tes juga akan jatuh. Alangkah baiknya seminggu bahkan dua minggu sebelum tes anda tidak melakukan hal-hal yang tidak diperlukan, seperti begadang, pulang berhujan-hujanan. Persiapkan segalanya jauh-jauh hari seperti pakaian untuk tes, dari baju sampai sepatu dan pada saat tes pun anda pasti akan disuruh datang 1 jam sebelum tes berlangsung. Tidak apa jika anda hadir lebih cepat. Sehingga anda tidak kalang kabut melihat situasi tes nanti.

    • Berdoa
    Terakhir ini mungkin adalah hal yang paling penting menurut saya karena berusaha sebaik apapun jika yang kuasa tidak mengijinkannya ya rejeki kita tidak ada yang tahu. Mintalah kepada orang tua dan kerabat terdekat anda untuk mendoakan anda sehingga anda juga akan mendapatkan dukungan moril secara tidak langsung. Konon ada calon ASN yang sama sekali tidak belajar tetapi dia lolos tes dengan nilai tertinggi saat itu. Mungkin karena orang tuanya mendoakan anak tersebut siang malam.

    Demikian tips singkat saya mengenai bagaimana caranya dalam menghadapi tes CPNS. Jika anda memang memili tekad yang kuat, kemungkinan besar anda akan lolos jika anda melakukan hal-hal tersebut di atas. Tetapi kita hanya bisa berdoa pada akhirnya. Rejeki ditentukan oleh yang maha agung. Apakah anda mempunyai tips yang lain mengenai bagaimana menjadi Calon ASN? Berikan komentar di bawah.

    You May Also Like

    0 komentar